Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Lantik 26 Dokter Baru Dalam Profesi Sumpah Dokter ke 79

Padang, 16 Oktober 2024  Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah kembali menggelar acara Sumpah Dokter bagi para lulusan program profesi dokter. Acara yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Baiturrahmah ini berlangsung khidmat, serta dihadiri oleh para dokter baru, keluarga, serta para pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah satu dokter yang akan disumpah, menambah suasana religius dan sakral di awal prosesi. Setelah itu, acara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah, dr. Rendri Bayu Hansah, Sp.PD FINASIM, yang dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya atas capaian para dokter muda ini. Sumpah dokter adalah momen penting yang menandai dimulainya tanggung jawab besar dalam profesi yang mulia ini. Saya berharap para dokter baru bisa mengabdikan diri untuk masyarakat dengan sepenuh hati dan terus mengembangkan kompetensi di dunia kedokteran, ujar beliau.

Selanjutnya, Ketua Pelaksana yang juga merupakan Ketua Program Studi Profesi Dokter, dr. Yuri Haiga, Sp.N, menyampaikan laporan mengenai hasil Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). “Alhamdulillah, hasil ujian menunjukkan prestasi yang membanggakan. Para peserta berhasil lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, menunjukkan kompetensi mereka yang siap mengabdi sebagai dokter,” jelas dr. Yuri.

Kemudian, Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran, dr. Dian Ayu Hamama Pitra, Sp,S, M Biomed, membacakan Surat Keputusan mengenai pelantikan dokter baru. Setelah pembacaan SK, acara dilanjutkan dengan khotbah sumpah yang disampaikan oleh rohaniawan , memberikan pengingat spiritual tentang pentingnya etika dan tanggung jawab dalam profesi kedokteran.

Puncak acara adalah pelantikan dokter baru oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah, yang dilanjutkan dengan penandatanganan lafal sumpah oleh para dokter baru. Dengan penuh khidmat, para dokter ini mengucapkan sumpah yang menandakan kesiapan mereka menjalankan tugas sebagai tenaga medis profesional.

Setelah prosesi sumpah, sambutan diberikan oleh salah satu perwakilan dokter yang baru dilantik. “Kami berterima kasih kepada seluruh dosen dan keluarga yang telah memberikan dukungan tanpa henti. Kami berjanji untuk menjaga amanah yang telah diberikan dan terus belajar untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik,” ucap dr zaki.

Sambutan juga disampaikan oleh salah satu orang tua dokter yang dilantik, Kami sangat bangga melihat anak kami resmi menjadi seorang dokter. Perjuangan mereka tidak mudah, tetapi hari ini adalah bukti bahwa segala usaha dan doa telah terjawab.

Dalam acara ini, Dr. Zaki Ulfikri meraih prestasi gemilang sebagai peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, nilai Computer-Based Test (CBT) tertinggi, serta nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) tertinggi di antara rekan-rekannya. Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan ketekunan Dr. Zaki selama menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah.

Acara ditutup dengan sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran yang kembali menekankan pentingnya integritas, etika, dan pelayanan kepada masyarakat bagi para dokter baru. Tanggung jawab sebagai dokter bukanlah hal yang ringan, namun dengan dedikasi dan semangat, saya yakin kalian semua akan mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” pungkasnya.

Dengan berakhirnya prosesi ini, Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah telah melahirkan kembali 26 dokter baru yang siap mengabdi kepada masyarakat.

Berikut Dokumentasi Acara

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux