Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Gelar Campus Goes To Masjid Dalam Upaya Pencegahan Bahaya Narkoba, Rokok, dan Gadget Pada Remaja

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Mengadakan Campus Goes To Masjid sebagai Upaya Pencegahan Bahaya Narkoba, Rokok, dan Gadget pada Remaja. Dalam rangka mengedukasi dan memberikan kesadaran akan bahaya narkoba, rokok, dan penggunaan gadget pada remaja, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah menggelar acara tahunan yang dikenal sebagai Campus Goes To Masjid. Acara ini merupakan bagian dari inisiatif Fakultas untuk meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat, khususnya pada bulan Ramadhan.

Campus Goes To Masjid merupakan kegiatan penyuluhan kesehatan yang diselenggarakan di mushola atau masjid-masjid di Kota Padang selama Bulan Ramadhan . Kegiatan ini diarahkan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada siswa/siswi yang mengikuti Pesantren Ramadan. Tema yang diangkat pada kegiatan ini fokus pada edukasi terkait bahaya narkoba, rokok, dan penggunaan gadget pada remaja masa kini.

Dosen-dosen yang tergabung dalam lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah turut serta aktif dalam kegiatan ini,para Dosen terjun langsung ke lapangan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai bahaya narkoba, rokok, dan gadget terhadap kesehatan. dr. Rendri Bayu Hansah, Sp.PD, FINASIM, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah, juga turut berperan dalam menyampaikan edukasi dan berbagi pengalaman kepada siswa/siswi terkait isu-isu kesehatan.

Dalam kesempatan ini, dr. Rendri menggarisbawahi dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan narkoba terhadap kesehatan fisik generasi muda. Beliau menyoroti kerusakan yang dapat terjadi pada organ tubuh seperti hati, paru-paru, dan otak akibat penggunaan obat-obatan terlarang tersebut. Selain itu, beliau juga mencermati risiko serangan jantung, stroke, dan kelainan yang dapat diakibatkan oleh penggunaan kokain serta risiko gagal hati dan jantung yang mungkin timbul akibat penyalahgunaan ekstasi.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah, dr. Rendri Bayu Hansah, mengungkapkan harapannya terhadap Campus Goes To Masjid ini. Beliau berharap bahwa melalui kegiatan ini, para peserta dapat memahami lebih dalam akan bahaya narkoba, rokok, dan gadget serta dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan di kalangan remaja. dr. Rendri juga menegaskan niatannya untuk menjadikan acara ini sebagai kegiatan rutin tahunan guna terus menyebarkan kesadaran akan kesehatan pada generasi muda.

Dengan semangat bersama, Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam upaya pencegahan dan edukasi kesehatan masyarakat, demi menciptakan generasi muda yang sehat dan berkualitas.

Berikut Dokumentasi Kegiatan