Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Berikan Kuliah Umum yang bertemakan Sebaran dan Upaya Pemenuhan Tenaga Kesehatan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah (Unbrah) mengadakan kuliah umum dengan tema “Sebaran dan Upaya Pemenuhan Tenaga Kesehatan”, yang disampaikan oleh dr. Lila Yanwar, MARS, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Acara ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unbrah, dr. Rendri Bayu Hansah, SpPD.FINASIM, di gedung baru koas Rumah Sakit M. Natsir, Solok.

Dalam sambutannya, dr. Rendri Bayu Hansah menyampaikan apresiasi kepada dr. Lila Yanwar yang telah meluangkan waktu di tengah kesibukannya untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unbrah yang sedang menjalani program koas.

dr. Lila Yanwar dalam kuliah umumnya menjelaskan tentang fasilitas pelayanan dan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di Sumatera Barat. Ia memaparkan bahwa saat ini terdapat 2.507 dokter umum yang tersebar di berbagai rumah sakit daerah di Sumatera Barat. Rumah sakit daerah tersebut memiliki tujuh jenis spesialisasi, yaitu Spesialis Obgyn, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Bedah, Spesialis Anak, Spesialis Patologi Klinik, Spesialis Patologi, dan Spesialis Anastesiologi. Dari data tersebut, 47,82% rumah sakit daerah memiliki empat spesialis dasar dan tiga spesialis penunjang.

Lebih lanjut, dr. Lila Yanwar juga menyampaikan bahwa pemerintah saat ini tengah melaksanakan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Salah satu upaya tersebut adalah pemberian beasiswa kepada para dokter untuk melanjutkan pendidikan menjadi dokter spesialis.

Diujung kuliah umum dilaksanankan sesi tanya jawab serta kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan serta para peserta kuliah umum.

Berikut Dokumentasi Kegiatan

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux